RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/2
Materi Pokok : Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu : 3 x 40 menit
A.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.3 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan
informasi lisan dan tulis.
2.4
Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu
proses berbentuk linear.
Indikator.
1) Menunjukkan
perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
2) Menunjukkan
sikap kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
3.2 Membedakan teks hasil observasi, tanggapan
deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun
tulisan Menjelaskan struktur teks eksplanasi.
Indikator.
1) Membedakan
struktur teks eksplanasi dengan struktur teks lainnya.
4.2
Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan
cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
Indikator.
1) Menyusun
teks ekspanasi dengan memperhatikan struktur teks dan fitur bahasa yang
digunakan.
2) Memaknai
isi teks eksplanasi.
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyajikan informasi
secara lisan dan tulis sebagai bentuk
dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa
Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.
Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam
memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
3.
Siswa menunjukkan sikap kreatif dalam
memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
4.
Siswa dapat membedakan struktur teks
eksplanasi, dari model teks eksplanasi yang diberikan.
5.
Siswa dapat memaknai isi teks
eksplanasi, dari model teks yang diberikan.
6.
Selama dan setelah proses pembelajaran,
siswa dapat menyusun teks eksplanasi secara tertulis, dengan memperhatikan
struktur teks eksplanasi dan fitur bahasa yang digunakan.
C. Materi Pembelajaran
1.
Struktur teks eksplanasi
2.
Makna kata dan istilah
D. Metode Pembelajaran
Metode
inkuiri, diskusi, presentasi, tanya jawab, dan penugasan.
E. Media
1.
Teks
Eksplanasi
2.
Gambar
F.
Sumber
Belajar
1.
Buku
Siswa.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Bahasa Indonesia . Jakarta; Kementrian.
2.
LKS
3.
Pardiyono. 2012. Pasti Bisa! Let’s
Write! – Ayo Mengarang!. Yogyakarta: ANDI
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a.
Kegiatan Pendahuluan
1.
Siswa
menrespon
salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan Inti
1.
Siswa diminta untuk membaca teks
eksplanasi “Tsunami” pada buku siswa, halaman 115, untuk membangun konteks
pembelajaran, dengan perilaku jujur dan kreatif.
2.
Siswa
diberi kesempatan bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan konteks
pembelajaran, dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan
benar.
3.
Siswa
diminta untuk menjawab pertanyaan pada tugas 2 dalam buku siswa, dengan sikap
responsif, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4.
Siswa dibagi menjadi kelompok kecil.
5.
Setiap kelompok berdiskusi menentukan
struktur teks eksplanasi pada teks “Tsunami”, dengan menunjukkan perilaku jujur
dan kreatif.
6.
Setiap kelompok harus memahami ide pokok
dan unsur kebahasaan yang terdapat pada setiap bagian struktur teks “Tsunami”
7.
Setiap kelompok menyusun teks eksplanasi
dengan menggunakan kata-kata sendiri, berpedoman pada teks eksplanasi
“Tsunami”.
8.
Setiap kelompok melaporakan hasil
kerjanya.
9.
Masing-masing kelompok memberikan
penilaian dengan jujur terhadap hasil kerja kelompok lainnya .
c.
Kegiatan
Penutup
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan
pembelajaran dengan menerapkan perilaku jujur dan kreatif.
2.
Bersama
guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksplanasi.
3.
siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teksdan menyusun eksplanasi, dengan
sikap peduli, responsif, dan santun.
4.
Siswa
menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan
Pendahuluan
1.
Siswa
menrespon
salam dan pertanyaan dari
guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.
Siswa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya
dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.
Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah
pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan
Inti
1.
Siswa diminta menyusun teks
eksplanasi secara mandiri, dengan
memperhatikan struktur teks dan fitur bahasa serta menerapkan perilaku jujur
dan kreatif.
Bentuk perintah soal.
Lakukanlah tugas berikut sesuai
urutan!
a) Ide teks eksplanasi adalah
“Tumpukan Sampah”.
b) Tulislah ide-ide pokok sesuai
struktur teks eksplanasi!
c) Buatlah kerangka teks
eksplanasi!
d) Kembangkanlah kerangka teks
eksplanasi berdasarkan ide pokok pada butir b)!
e) Gunakanlah kaidah bahasa Indonesia yang
benar (kohesi, konjungsi, dan kalimat simpleks)!
f) Lakukanlah pengecekan ulang
terhadap teks yang sudah disusun, termasuk mencermati unsur kebahasaan, seperti
kosakata, tata bahasa, dan tanda baca!
2.
Beberapa siswa diminta untuk membacakan
teks eksplanasi yang telah disusun dengan kreatif.
3.
Siswa lainnya memberikan tanggapan
terhadap teks yang sisusun oleh siswa lainnya, dengan perilaku jujur dan
santun.
c.
Kegiatan
Penutup
1.
Siswa
bersama guru menyimpulkan pembelajaran, dengan menerapkan sikap jujur, responsif, dan
santun.
2.
Siswa
mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam menyusun teks
eksplanasi, dengan sikap jujur, responsif, dan santun.
3.
Siswa
menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan
berikutnya, dengan sikap responsif.
H.
Penilaian
1.
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk
|
Pengamatan sikap
|
Lembar pengamatan sikap dan rubik
|
Tes tertulis
|
Tes uraian dan pilihan
|
Tes unjuk kerja
|
Tes uji petik kerja dan rubik
|
2.
Contoh Instrumen Penilaian
a.
Pengamatan sikap
Lembar
Pengamatan Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Religius
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Santun
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
|||||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||||
….
|
Rubrik
penilaian sikap
Rubik
|
Skor
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
|
4
|
Menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
|
3
|
Menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum ajeg/konsisten
|
2
|
Sama sekali tidak menunjukkan
usaha sungguh-sungguh dalam melakukan
kegiatan.
|
1
|
b.
Tes
Tertulis
Tes Uraian
Aspek
|
Kriteria
|
Parameter
|
Pernyataan
Umum (Pembukaan)
|
a.
Berisi pernyataan umum tentang fenomena yang
dibicarakan, dipaparkan secara rinci dan disusun secara kronologis.
b.
Berisikan penjelasan yang ditulis berdasarkan
fakta.
c.
Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.
Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
|
5
= Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan
4 kriteria pernyataan umum.
4 = Jika teks
laporan yang ditulis siswa menerapkan 3 kriteria pernyataan umum.
3=
Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2 kriteria pernyataan umum.
2 =
jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria pernyataan umum.
1 = jika teks yang ditulis siswa tidak
menerapkan satupun kriteria pernyataan umum.
|
Deretan
Penjelasan (Isi)
|
a.
Berisi tentang proses yang menyebabkan terjadinya
fenomena yang dibicarakan. Dipaparkan secara
rinci dan disusun secara kronologis.
b.
Isi teks eksplanasi harus menjelaskan fenomena
sesuai dengan fakta yang ada.
c.
Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.
Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
|
5
= Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan
4 kriteria deretan penjelasan.
3
= Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan
3 kriteria deretan penjelasan.
3
= Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2
kriteria deretan penjelasan.
2 =
jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria deretan penjelasan.
1 = jika teks yang ditulis siswa tidak
menerapkan satupun kriteria desripsi bagian.
|
Interpretasi
(Penutup)
|
a.
Berisikan kesimpulan yang disusun secara
kronologis.
b.
Bersifat objektif.
c.
Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.
Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
|
5 = Jika teks laporan yang ditulis siswa
menerapkan 4 kriteria interpretasi.
4
= Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan
3 kriteria interpretasi.
3
= Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2
kriteria interpretasi.
2 =
jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria interpretasi.
1 = jika teks yang ditulis siswa tidak
menerapkan satupun kriteria interpretasi.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar