Minggu, 30 Maret 2014

RPP Bahasa Indonesia Kelas VII/2 Kurikulum 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/2
Materi Pokok              : Teks Eksplanasi
Alokasi Waktu            : 3 x 40 menit

A.      Kompetensi Dasar dan Indikator
1.3  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.

2.4 Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
       Indikator.
1)      Menunjukkan perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
2)      Menunjukkan sikap kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.

3.2  Membedakan teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek baik melalui lisan maupun tulisan Menjelaskan struktur teks eksplanasi.
Indikator.
1)      Membedakan struktur teks eksplanasi dengan struktur teks lainnya.

4.2 Menyusun teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, eksposisi, eksplanasi, dan cerita pendek sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat  baik secara lisan maupun tulisan.
       Indikator.
1)      Menyusun teks ekspanasi dengan memperhatikan struktur teks dan fitur bahasa yang digunakan.
2)      Memaknai isi teks eksplanasi.

B.       Tujuan Pembelajaran
1.        Siswa menggunakan Bahasa Indonesia untuk menyajikan informasi secara lisan dan tulis  sebagai bentuk dari rasa menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Indonesia sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa.
2.        Siswa menunjukkan perilaku jujur dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
3.        Siswa menunjukkan sikap kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses berbentuk linear.
4.        Siswa dapat membedakan struktur teks eksplanasi, dari model teks eksplanasi yang diberikan.
5.        Siswa dapat memaknai isi teks eksplanasi, dari model teks yang diberikan.
6.        Selama dan setelah proses pembelajaran, siswa dapat menyusun teks eksplanasi secara tertulis, dengan memperhatikan struktur teks eksplanasi dan fitur bahasa yang digunakan.

C.      Materi Pembelajaran
1.        Struktur teks eksplanasi
2.        Makna kata dan istilah

D.      Metode Pembelajaran
Metode inkuiri, diskusi, presentasi, tanya jawab, dan penugasan.

E.       Media
1.        Teks Eksplanasi
2.        Gambar

F.       Sumber Belajar
1.        Buku Siswa. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 2013. Bahasa Indonesia . Jakarta; Kementrian.
2.        LKS
3.        Pardiyono. 2012. Pasti Bisa! Let’s Write! – Ayo Mengarang!. Yogyakarta: ANDI




G.      Langkah-langkah Pembelajaran
1.        Pertemuan Pertama
a.        Kegiatan Pendahuluan
1.         Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.        Kegiatan Inti
1.         Siswa diminta untuk membaca teks eksplanasi “Tsunami” pada buku siswa, halaman 115, untuk membangun konteks pembelajaran, dengan perilaku jujur dan kreatif.
2.         Siswa diberi kesempatan bertanya tentang hal-hal yang berhubungan dengan konteks pembelajaran, dengan santun dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.         Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan pada tugas 2 dalam buku siswa, dengan sikap responsif, santun, dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
4.         Siswa dibagi menjadi kelompok kecil.
5.         Setiap kelompok berdiskusi menentukan struktur teks eksplanasi pada teks “Tsunami”, dengan menunjukkan perilaku jujur dan kreatif.
6.         Setiap kelompok harus memahami ide pokok dan unsur kebahasaan yang terdapat pada setiap bagian struktur teks “Tsunami”
7.         Setiap kelompok menyusun teks eksplanasi dengan menggunakan kata-kata sendiri, berpedoman pada teks eksplanasi “Tsunami”.
8.         Setiap kelompok melaporakan hasil kerjanya.
9.         Masing-masing kelompok memberikan penilaian dengan jujur terhadap hasil kerja kelompok lainnya .
c.         Kegiatan Penutup
1.         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran dengan menerapkan perilaku jujur dan kreatif.
2.         Bersama guru, siswa mengidentifikasi hambatan-hambatan yang dialami saat memahami struktur teks eksplanasi.
3.         siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam memahami struktur teksdan menyusun eksplanasi, dengan sikap peduli, responsif, dan santun.
4.         Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran
2.        Pertemuan Kedua
a.        Kegiatan Pendahuluan
1.         Siswa menrespon salam dan pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran sebelumnya
2.         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
3.         Siswa menerima informasi kompetensi, meteri, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.        Kegiatan Inti
1.         Siswa diminta menyusun teks eksplanasi  secara mandiri, dengan memperhatikan struktur teks dan fitur bahasa serta menerapkan perilaku jujur dan kreatif.
Bentuk perintah soal.
Lakukanlah tugas berikut sesuai urutan!
a) Ide teks eksplanasi adalah “Tumpukan Sampah”.
b) Tulislah ide-ide pokok sesuai struktur teks eksplanasi!
c) Buatlah kerangka teks eksplanasi!
d) Kembangkanlah kerangka teks eksplanasi berdasarkan ide pokok pada butir b)!
 e) Gunakanlah kaidah bahasa Indonesia yang benar (kohesi, konjungsi, dan kalimat simpleks)!
f) Lakukanlah pengecekan ulang terhadap teks yang sudah disusun, termasuk mencermati unsur kebahasaan, seperti kosakata, tata bahasa, dan tanda baca!
2.         Beberapa siswa diminta untuk membacakan teks eksplanasi yang telah disusun dengan kreatif.
3.         Siswa lainnya memberikan tanggapan terhadap teks yang sisusun oleh siswa lainnya, dengan perilaku jujur dan santun.
c.         Kegiatan Penutup
1.         Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran, dengan menerapkan sikap jujur, responsif, dan santun.
2.         Siswa mendengarkan umpan balik dan penguatan dari guru atas pernyataan mereka tentang hambatan dalam menyusun teks eksplanasi, dengan sikap jujur, responsif, dan santun.
3.         Siswa menyimak informasi mengenai rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya, dengan sikap responsif.

H.      Penilaian
1.        Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
Bentuk
Pengamatan sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubik
Tes tertulis
Tes uraian dan pilihan
Tes unjuk kerja
Tes uji petik kerja dan rubik

2.         Contoh Instrumen Penilaian
a.      Pengamatan sikap
Lembar Pengamatan Sikap
No.
Nama Siswa
Religius
Jujur
Tanggung jawab
Santun
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.

















2.

















3.

















….


















Rubrik penilaian sikap
Rubik
Skor
Menunjukkan adanya  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
4
Menunjukkan ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan yang  cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
3
Menunjukkan sudah ada  usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
2
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh  dalam melakukan kegiatan.
1

b.      Tes Tertulis
Tes Uraian
Aspek
Kriteria
Parameter
Pernyataan Umum (Pembukaan)
a.         Berisi pernyataan umum tentang fenomena yang dibicarakan, dipaparkan secara rinci dan disusun secara kronologis.
b.         Berisikan penjelasan yang ditulis berdasarkan fakta.
c.         Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.        Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
5            = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 4 kriteria pernyataan umum.
4 = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 3 kriteria pernyataan umum.
3= Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2 kriteria pernyataan umum.
2    =  jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria pernyataan umum.
1    = jika teks yang ditulis siswa tidak menerapkan satupun kriteria pernyataan umum.
Deretan Penjelasan (Isi)
a.         Berisi tentang proses yang menyebabkan terjadinya fenomena yang dibicarakan. Dipaparkan secara  rinci dan disusun secara kronologis.
b.         Isi teks eksplanasi harus menjelaskan fenomena sesuai dengan fakta yang ada.
c.         Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.        Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
5            = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 4 kriteria deretan penjelasan.
3            = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 3 kriteria deretan penjelasan.
3            = Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2 kriteria deretan penjelasan.
2    =  jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria deretan penjelasan.
1    = jika teks yang ditulis siswa tidak menerapkan satupun kriteria desripsi bagian.
Interpretasi (Penutup)
a.         Berisikan kesimpulan yang disusun secara kronologis.
b.         Bersifat objektif.
c.         Menggunakan kalimat yang mudah dipahami.
d.        Menerapkan kaidah penulisan bahasa Indonesia.
5   = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 4 kriteria interpretasi.
4            = Jika teks laporan yang ditulis siswa menerapkan 3 kriteria interpretasi.
3            = Jika teks yang ditulis siwa menerapkan 2 kriteria interpretasi.
2   =  jika teks yang ditulis siswa menerapkan 1 kriteria interpretasi.
1    = jika teks yang ditulis siswa tidak menerapkan satupun kriteria interpretasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar